Khasiat Gula Merah, Kandungan Dan Pengertian Gula Merah

Gula merah,harga gula merah,jual gula,jual gula merah,gula merah kelapa,gula jawa,harga murah,per 1 kg 2016,gula murni asli petani banyumas,cilacap - Mungkin bagi Anda sudah terbiasa tentang gula merah, misalnya didalam bumbu dapur juga hampir selalu ada. Manfaat gula merah untuk kesehatan, tapi sebelumnya silahkan simak dulu tentang kandungan nutrisi dan cara pembuatannya secara singkat.

Apa gula kelapa?  Gula ini terbuat dari getah kuncup bunga potong dari kelapa.
Apa rasa gula kelapa seperti?  Rasanya tidak seperti kelapa karena berasal dari kuncup bunga dari kelapa, dan bukan kelapa itu sendiri. Rasanya banyak seperti gula mencicipi halus. Beberapa orang mengatakan bahwa ia memiliki karamel rasa sedikit untuk itu.

Apa manfaat kesehatan dari gula kelapa?  Kelapa gula memiliki banyak manfaat kesehatan, yang pertama adalah bahwa itu dianggap sebagai pemanis alami. Ini memiliki indeks glisemik 35, yang dianggap sebagai makanan glikemik rendah. Kelapa gula memiliki beberapa manfaat untuk itu. Mengandung vitamin B, kandungan mineral yang tinggi (kalium, magnesium, seng, besi). Hal ini juga berisi glutamin.

Adalah makanan yang dibuat dengan makanan penutup bebas gula kelapa dianggap gula?  Tidak. Gula kelapa sebenarnya terdiri dari sukrosa, dengan sejumlah kecil glukosa dan fruktosa. Hal ini dianggap sebagai pemanis diterima bagi mereka dengan diabetes karena cara yang rusak dalam tubuh. Satu sendok teh gula kelapa mengandung 15 kalori dan 4 karbohidrat. Satu sendok teh gula merah mengandung 11 kalori dan 3 karbohidrat dibandingkan dengan gula putih yang berisi 16 kalori per sendok teh dan 5 karbohidrat.
Apakah kelapa gluten bebas gula?  Ya, gula kelapa adalah gluten free dan ada beberapa varietas non GMO organik tersedia juga.

Manfaat Gula Merah untuk Kesehatan

The Philippine Food and Nutrition Research Institute yang melakukan penelitian mengenai indeks glikemik pada gula palem/gula merah kelapa (coconut palm sugar), menemukan bahwa gula merah kelapa memiliki indeks glikemik sebesar 35.

Nilai indeks glikemik ini termasuk dalam kategori rendah (< 55). Penelitian ini dilakukan pada 10 orang responden yang diperlakukan khusus.

Indeks Glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan atau secara sederhana dapat dikatakan sebagai tingkatan atau rangking pangan menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah.

Sebagai informasi, nilai indeks glikemik gula pasir yaitu 64, hampir mendekati indeks glikemik tinggi (>70). Selain nilai indeks glikemik yang rendah, gula merah kelapa juga mengandung sejumlah zat gizi yang tidak terdapat atau sangat sedikit terdapat dalam gula pasir.


Gula merah kelapa juga mengandung sejumlah asam amino dan vitamin. Tabel berikut menggambarkan perbandingan mineral mikro dan makro pada gula merah kelapa dan gula pasir.

Gula merah ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mungkin, selama ini kita mengenal gula merah hanya sebagai bumbu masak atau pemanis buat minuman. Namun tidak banyak yang tahu bahwa gula merah juga bermanfaat bagi kesehatan anda.

Berikut ini beberapa manfaat gula merah untuk kesehatan anda, seperti dilansir dari laman boldsky:

1. Menenangkan

Pada gula merah terdapat kandungan selenium yang cukup tinggi, sehingga bermanfaat melemaskan saraf Anda. Meminumnya di malam hari bisa membantu membuat tidur Anda nyenyak.

2. Baik Untuk Diet

Gula merah memiliki kandungan kalori lebih sedikit dibanding gula biasa. Gula pasir biasa bentuk glukosanya sederhana sehingga gampang dicerna dan diserap oleh tubuh. Sedangkan gula merah, glukosanya solid dan sulit dicerna. Ini baik untuk diet Anda.

3. Sumber Zat Besi

Gula merah memiliki kandungan zat besi yang dibutuhkan wanita, untuk mencegah terjadinya anemia atau kurang darah.

4. Melawan Kanker

Percaya atau tidak, dalam gula merah terdapat antioksidan yang membantu melawan kanker, dan penuaan dini.

5. Baik Untuk Wanita Melahirkan
Di India, wanita yang usai melahirkan biasanya mengkonsumsi gula merah sebab ia banyak memberi energi untuk pemulihan tenaga. Selain itu juga gula merah mencegah terjadinya pembekuan darah.

6. Menghilangkan Kram

Selenium pada gula merah membuatnya mampu membantu menghilangkan kram dan nyeri saat menstruasi.

7. Mendinginkan Perut

Menggunakan gula merah sebagai pemanis minuman akan membantu mendinginkan perut. Apalagi bila Anda mengkonsumsinya di musim panas bersama dengan air kelapa muda.

Faktanya, gula merah ternyata memiliki manfaat kesehatan yang jauh lebih banyak dari pada gula pasir. Teksturnya yang kasar dan tak mudah larut membuatnya menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin tetap sehat.

Jadi, bila Anda sedang berfikir untuk mengganti gula pasir Anda, maka pilih saja gula merah. Gula merah,harga gula merah,jual gula,jual gula merah,gula merah kelapa,gula jawa,harga murah,per 1 kg 2016,gula murni asli petani banyumas,cilacap

Artikel Terkait